Waktunya Sekolah 16.14

Hari Sabtu kemarin, me and hubby ngajak Nabila dan Tsabita ke rumah nenek. Pengalaman pertama buat Tsabita naik motor juga ke rumah nenek. Sekalian mau ngajak Nabila ke (bakal) sekolahnya yang kebetulan dekat dengan rumah neneknya.

Setelah Tsabita kenyang dan pup, aku dan Nabila jalan kaki ke sekolahan. Ketemu dulu sama Kepala Sekolah nanya2. Secara Nabila lahir bulan Oktober, usia sekolahnya nanggung. Sebenarnya aku dan suami pengen Nabila langsung masuk TK aja untuk menghemat biaya. Sekolah hari gini gitu loh, biayanya nggak main2. Kalo masuk TK bulan Juli nanti, usianya 3 tahun 9 bulan. Berarti SDnya nanti 5 tahun 9 bulan, masih di bawah 6 tahun. Tapi dari hasil ngobrol2 dengan banyak ibu, mereka menganjurkan untuk menunda aja, lebih baik 6 tahun 9 bulan daripada 5 tahun 9 bulan. Karena secara mental anak sudah siap, dan jauh lebih mandiri. Pengalaman mereka anak yang masih di bawah 6 tahun ketika SD tanggung jawabnya kurang sekali. Mereka nggak merasa punya kewajiban untuk ngerjakan PR misalnya, jadi harus ibunya yang ngingatkan terus. Apalagi pelajaran SD sekarang susyaaahh…

Ada juga yang bilang ga papa, kalo anaknya cerdas bisa ngikuti. Binun juga, pilih yang mana nih? Bu Kepsek bilang, sebaiknya masuk Play Group aja. Pengalaman ibu2 diatas emang bener, biasanya masalah usia ini baru akan kelihatan di kelas 4 keatas, anak akan sulit mengikuti pelajaran. Usia di bawah 6 tahun masih usia bermain, kalo dipaksa masuk SD otaknya akan rebutan antara bermain dan pelajaran.

Ya udah, akhirnya kita mutuskan Nabila masuk Play Group aja. Kenapa harus Play Group, kenapa nggak nunggu tahun depan aja? Karena Nabila dah pengen banget sekolah, asik banget dengan segala macam yang terkait dengan sekolah, buku, tas, alat tulis, guru, teman2. Dan dia sudah pengen banget bersosialisasi dengan teman2 sebayanya, secara di lingkungan rumah temannya cuma sedikit. Pas waktu ke sekolah, dia excited sekali nyoba segala macam permainan yang ada, lihat2 kelas. Makin mantep deh emaknya, memang Nabila dah waktunya masuk sekolah. Hehe.. ga kerasa sudah mau jadi wali murid :)

0 komentar:

Posting Komentar